photo 6d1287ba-fc7c-4b7c-8fa5-dd960320a4d4.jpg

Pages

Sunday, February 28, 2010

Tempat Wisata di Sumatra Barat

Cuti dan liburan memang Asyik kalau mengajak teman maupun keluarga untuk berliburan ketempat rekreasi dengan menggunakan kendaraan sepeda motor ( Kompoi ), mobil pribadi maupun mobil sewaan akan terasa lebih refresh kalau cuaca mendukung. dari riau, alternatif untuk mengisi hari libur atau cuti adalah rekreasi ke sumatra barat. selain sumbar merupakan berbatasan dengan riau juga mudah dijangkau dengan waktu yang tidak begitu lama. disini saya coba menguraikan tempat2 rekreasi/wisata yang pernah saya kunjungi baik dengan teman, kerabat dan keluarga antara lain sebagai berikut.

1. Pantai Aia Manih ( **Air Manis - Malin Kundang )

Sekitar 4 Km di Selatan Kota Padang, Berupa perkampungan nelayan dengan pantai yang indah. Disinilah desa tempat terjadinya legenda Malin Kundang. Bagian batu-batu pantai Aia Manih ada yang menyerupai bekas sebuah kapal. Inilah yang dilegendakan sebagai Kapal Malin Kundang yang telah menjadi batu.

dan tidak jauh dari pantai ini disebelah utara terdapat sebuah pulau yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki sebelum air lautnya pasang. pulau ini dinamai dengan pulau pisang. selain pasir putihnya yang cantik pulau ini juga bagus untuk dijadikan beaground untuk mengabadikan foto bersama.


2. Taman Siti Nurbaya

Lokasinya di Gunung Padang, di seberang Muara Batang Arau, Padang. Disebut Taman Siti Nurbaya karna dilereng gunung itu terdapat setumpukan batu yang dianggap sebagai kuburan Siti Nurbaya dengan kekasihnya Syamsul Bahri. Dari sini dapat disaksikan keindahan kota Padang dengan bangunan bangunan unik ala kota padang minang kabau.

Foto diatas diambil tidak jauh dari taman dan jembatan siti nurbaya pada saat saya mengikuti pelatihan beberapa waktu yang lalu. indah memang indah kota padang, membuat siapapun yang datang kesana ingin kembali lagi menikmati keindahan panorama yang terdapat didalamnya.


3. Benteng Fort De Kock

Dibangun dipuncak sebuak bukit di Bukittinggi tahun 1825, pada waktu terjadi perlawanan rakyat yang dipimpin Tuanku Imam Bonjol dan Hariamau nan Salaban. Parit pertahanan Belanda dan meriam kuno masih dapat dilihat diseputar benteng.


4. Lubang Japang

Sebuah terowongan yang panjangnya ratusan meter dan berbelok belok, sekitar 2 meter dibawah permukaan tanah Kota Bukittinggi. Dibuat oleh tentara Jepang saat Perang Dunia II. Ditempat-tempat tertentu dalam terowongan terdapat kamar-kamar. Mulut terowongan ada di beberapa tempat, antaranya di dinding Ngarai Sianok, di Panorama di samping gedung Bung Hatta, di kebun binatang dll.


5. Ngarai Sianok

Terletak di sisi kota Bukittinggi, memanjang hampir 15 Km. Ngarai Sianok merupakan lembah subur dan hijau dengan tebing curam berketinggian antara 100-150 m. Didasarnya mengalir sungai berliku-liku. Mengayun langkah di jalan setapak dilembah ini merupakan rekreasi menarik. Bila perjalanan dilanjutkan ke seberang ngarai, pengujung akan sampai di Kota Gadang atau Sianok.



6. Ngalau Kamang

Ngalau (gua) Kamang merupakan gua stalagtit dan stalagmit yang indah, terletak di Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, 14 Km dari Kota Bukittinggi. Ngalau berada disenuah bukit kapur dengan panjang sekitar 1.500 meter


7. Puncak Lawang

Merupakan puncak sebuah bukit di daerah Lawang, 27 Km arah barat Bukittinggi. Disamping tempat rekreasi dengan panorama alam yang menakjubkan, daerah ini terkenal dengan sebagai penghasil gula merah dan kampil yang terkenal dengan kampil Matur. Pembuatan gula itu, secara tradisional maupun modern dapat disaksikan langsung oleh siapapun yang berkunjung.



8. Danau Maninjau

Danau ini terkenal karena keindahan alam dan kesuburan tanahnya, merupakan danau alami yang dulunya berupa kedlera gunung berapi. Jalan menuju danau ini dari Bukittinggi yang disebut Kelok 44 sangat terkenal karena mempunyai belokan, tanjakan maupun turunan sangat tajam diantaranya nyaris 180 derajat.



9. Danau Diatas Dibawah

Dikenal dengan sebutan Danau Kembar karena berdampingan dalam jarak sekita 1 Km, terletak di perjalanan menuju Alahan Panjang, 47 Km dari Solok. Kedua danau kembar berada pada ketinggian yang berbeda sehingga dinamakan Danau Diatas dan Danau Dibawah. Selain untuk rekreasi, tempat ini cocok untuk berkemah, lintas alam dan mendaki gunung


10. Koto Gadang

Terletak sebelah Barat Kota Bukittinggi. Nagari ini terkenal dengan kerajinan perak. Dari kenagarian ini pula banyak berasal tokoh-tokoh republik yang sangat berjasa itu seperi H. Agus Salim, Muhammad Hatta, Emil Salim dll. foto dibawah ini diambil disekitar koto gadang setelah haiking dari bukit tinggi melalui lubang jepang, ngarai sianok, tangga seribu dan sesampainya di koto gadang kami disambut oleh masyarakat setempat kemudian sarapan pagi bersama-sama.



11. Lembah Anai


Adalah sebuah lembah disela pegunungan dengan hutan tropis yang lebat, terletak diperbatasan antara Kabupaten Padang Pariaman dengan Tanah Datar (Padang Panjang), ditengah perjalanan antara Padang dengan Bukittinggi. Daerah seputarnya merupakan cagar alam dengan hutan lebat yang sangat mengesankan. Dibawahnya mengalir Batang Anai dengan kebeningan dan keheningan airnya. Disisi lain terdapat air terjun setinggi 40 meter, lapangan golf dan Anai Resort
12. Lembah Harau


Berjarak 15 km dari Payakumbuh, berupa sebuah lembah yang dikelilingi batu curam dengan ketinggian 100 - 150 meter. Selain air terjun (disebut sarasah ) dengan telaga yang indah, daerah ini merupakan cagar alam dimana hidup berbagai binatang liar seperti harimau, babi hutan, kambing hutan, tapir, siamang serta berbagai jenis burung yang masih bebas menjelajah alamnya.




13. Jam Gadang Bukit Tinggi.

"indak ke sumbar namonyo kalau kalau indak singgah dibukittinggi" ini lah kata orang-orang kalau kita sudah berada di sumatra barat . kota bukit tinggi merupakan ibu kota provinsi sumatra barat. tidak jauh dari jam gadang ini tepatnya dibelakang pasar atas terdapat kebun binatang dan benteng van de cock. bagi yang suka berbelanja alias Shoping, kota bukit tinggi merupakan kota yang tepat untuk dituju, harga murah meriah dan terjangkau untuk semua kalangan. baju, sepatu dan banyak lagi yang bisa dibawa pulang sebagai Ole-ole perjalanan wisata / rekreasi.






Mas Doyok

1 comment:

  1. Keren2 tuh tempat wisatanya. Mantab. Jadi kepingin ke sana ^_^

    ReplyDelete

 

Sample text

Facebook Page